RSS Feed

Manfaat Kulit Udang :: Jangan Buang Kulit Udang

Kulit udangkuKelezatan udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi. Jadi tak heran jika banyak sekali jenis makanan yang berbahan utama udang seperti tumis udang, udang saus tiram, udang saus padang, bakwan udang, dan beberapa jenis lainnya. Masak udang bisa digoreng tepung, maupun dimasak ala saos padang akan dapat menambah kenikmatannya. Namun ketika memakannya, banyak orang yang sengaja membuang kulitnya. Padahal kulit udang justru memiliki manfaat yang dapat menyehatkan sendi anda.

 Sendi yang sehat memang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jika rasa nyeri pada sendi muncul terus menerus, tentu akan sangat mengganggu anda. Kalau sudah begini, harapan untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal tentu semakin jauh. Jangankan olahraga untuk membentuk tubuh, bergerak saja sulit.

Nah, penelitian membuktikan bahwa pada kulit udang ada senyawa yang dikenal sebagai chondroitin yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen yang merupakan komponen penting pada sendi, membantu lubrikasi pada sendi, dan berperan sebagai shock absorber.

 Sumber utama dari senyawa ini adalah tulang rawan hewan, yang notabene merupakan bahan alami dan tentu saja aman. Salah satu contohnya adalah kulit udang. Jadi, jangan buang kulit udang saat anda mengkonsumsi udang. Selain lebih praktis karena tidak perlu mengupas, ternyata kulit udang dapat membantu menjaga kesehatan sendi anda. Jika anda tidak suka udang, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen atau susu yang mengandung chondroitin.Di Rumah Nugget Nay udang dan kulitnya di blender dan dibuat campuran Nugget salmon, Nugget tenggiri dan Nugget udang, yang tentunya higienis dan sehat.

Kulit Udang Penghambat Sel Kanker

label-baru-rumah-UdangKULIT udang konon dapat menetralkan orang yang alergi terhadap hewan tersebut. Bagaimana caranya? Seseorang yang takut alergi udang bisa mengonsumsi udang sekalian dengan kulitnya. Selain itu kulit udang ternyata juga bisa menjadi camilan yang kaya gizi.Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Erfin Dwi Priana dari Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan Pascasarjana dan Dwi Adhi Wahyu Saputri dari Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik meneliti kulit udang dan menemukan kandungan gizi di dalamnya.

Bahkan mereka kemudian membuat camilan kulit udang. Produknya menjadi juara pertama kategori mahasiswa/peneliti pada Lomba Inovasi Pengembangan Produk Perikanan yang merupakan agenda tahunan Direktorat Pengolahan Hasil Ditjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

“Camilan yang kami namai Chitokrez ini memanfaatkan limbah kulit udang yakni kepala dan kulit yang mencapai 35%-50% dari total berat udang. Kulit udang mengandung protein (25%-40%), kalsium karbonat (45%-50%) dan kitin (15%-20%) yang dapat diubah menjadi chitosan sehingga bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia,” ungkap Erfin, Senin (6/11).

Dia menjelaskan kategori lomba yang berlangsung di Beteng Vredeburg Yogyakarta beberapa waktu lalu tersebut ada dua kategori yaitu mahasiswa/ peneliti dan umum. Mereka memperoleh bimbingan Dr Mutiara Nugraheni STP MSi yang juga dosen pendamping.

Penghambat Kanker

Menurut Erfin chitosan pada kulit udang berfungsi sebagai penghambat perbanyakan sel kanker lambung manusia dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsi lain, bisa menurunkan kolesterol, mengurangi beban kerja liver dan mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat lemak berlebihan, mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang.

“Juga menghindarkan dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba patogen penyebab penyakit typhus seperti Salmonell aenterica, Salmonella enterica var. Paratyphi-A dan Salmonella enterica var. Paratyphi-B,” imbuh Dwi.

Proses pembuatan chitokrez cukup simpel. Bahannya limbah kulit udang, tepung tapioka, modified starch K-01, ubi jalar kuning, gula, garam, soda kue, air panas. Penggunaan tepung tapioka dan ubi jalar kuning yang merupakan produk lokal untuk meningkatkan nilai jual.

Ubi jalar kuning, jelasnya, dikukus kemudian dihaluskan, begitu pula kulit udang. Selanjutnya tepung tapioka, ubi jalar kuning, modified starch K-01( tepung pati modifikasi), kulit udang halus, gula, garam dan soda kue dicampur dan ditambah air panas, diaduk sampai tercampur rata dan kalis. Adonan dipipihkan lalu dikukus selama 15 menit lantas dipotong-potong seperti stik dengan panjang tiga sentimeter dan dijemur sebelum digoreng.

“Chitokrez secara keseluruhan adalah salah satu sumber protein, kalsium, dan serat bagi tubuh. Produk Chitokrez diharapkan dapat menjadi camilan sehat dan bergizi yang disukai semua kalangan terutama anak-anak karena terbuat dari bahan alami, tanpa tambahan zat kimia dan pengawet” tandas Dwi.

About rumahnugget

Kami adalah Rumah yang memproduksi Nugget Salmon dan Nugget lainya secara Home made, tanpa penambahan bahan pengawet dan MSG. dibuat dengan standar higienis yang tinggi. Kelebihan produk kami dibandingkan produk lain: - Diolah dengan proses yang sangat higienis, memperhatikan kualitas rasa, kebersihan dan mutu ikan salmon yang bagus. - Tanpa Bahan Pengawet, MSG dan selalu fresh. - Home Made/Home Industry - Rasanya benar-benar salmon, nggak bisa ditawar - Harga bersaing - Bisa dijadikan cemilan atau lauk - Mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama Omega 3, sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak dan kesehatan janin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: